Aplikasi Bisnis Untuk Perusahaan Kecil Menengah

0
404
sme indonesia

Teknologi dalam dunia bisnis kini semakin berkembang. Penggunaan berbagai aplikasi bisnis berbasis data online kini semakin marak. Salah satu sistem yang kini menjadi kebutuhan perusahaan modern adalah ERP atau Enterprise Resources Planing. Sistem ini memiliki peranan untuk mengintegrasikan satu data dengan data lain dari satuan unit yang berbeda dalam suatu perusahaan. Munculnya sistem ini telah memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan dalam pengelolaan baik itu SDM, logistik, keuangan ataupun aspek lainnya. Sistem ini termasuk mahal dan pada umumnya digunakan oleh perusahaan manufaktur atau jasa ber-skala menengah hingga besar.

Perlunya Aplikasi Bisnis bagi UKM

Akibat perubahan ekonomi di Indonesia, sektor Perusahaan Kecil Menengah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Dengan demikian, perlu adanya pengelolaan secara profesional usaha kecil tersebut terus berkembang dan bisa meningkatkan perekonomian Negara. Salah satunya adalah dengan penggunaan sistem yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi perusahaan berskala kecil  maupun menengah.

Teknologi memberikan kemudahan dalam proses usaha. Oleh sebab itu, adopsi teknologi menjadi suatu hal yang tak terelakkan, termasuk oleh usaha kecil dan menengah (UKM) sekalipun. Bahkan, jika dikelola dengan baik, sektor UKM dapat menjadi penopang perekonomian rakyat, karena unit-unit usaha skala kecil tersebut muncul dari akar rumput, atau dari dasar, sehingga basisnya sangat kuat dan tidak akan begitu terimbas oleh gejolak perekonomian global.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dirasakan UKM jika menerapkan Aplikasi Bisnis, seperti Enterprise Resource Planning (ERP):

  • Laporan lengkap dan rinci untuk penjualan, persediaan, dan pembelian, sehingga semua laporan ini tidak harus dibuat secara manual oleh staf UKM, yang biasanya tidak memiliki pengetahuan khusus tentang hal-hal ini.
  • Sistem pengoperasian mudah
  • Data yang ada tersusun dengan rapi dan terstuktur
  • Semua laporan dan data mudah diakses dari mana saja secara real-time
  • Fasilitas komunikasi interatif dengan jaringan internet
  • Harganya lebih terjangkau untuk skala UKM
  • Implementasi mudah dan singkat
  • Memberikan peningkatan dalam jumlah pendapatan UKM
  • Meminimalisir kerugian yang dapat terjadi dari penyelewengan, penggelapan dan pelanggaran lainnya yang mungkin terjadi di UKM
  • Mampu meningkatkan pelayanan bagi para customer
  • Mampu membentuk jejaring penjualan di dunia online

Pilihan Aplikasi Bisnis untuk UKM

Berikut adalah beberapa aplikasi bisnis untuk Perusahaan Kecil Menengah di Indonesia.

Small Medium ERP (SME)

Kini telah tersedia sebuah ERP khusus Usaha Kecil Menengah, yang dikenal dengan Small Medium ERP (SME). Harapan dari munculnya sistem SME Indonesia tersebut adalah untuk membantu dalam pengelolaan proses bisnis dari perusahaan-perusahaan yang berskala kecil hingga menengah. Aplikasi ini dibuat berdasarkan skala bisnis UKM yang relatif lebih sederhana, termasuk dalam sistem finansial, pelaporan, inventaris, dan kebutuhan lainnya.

SME Indonesia ini merupakan sistem yang dibuat secara modular, sehingga memudahkan para pelaku usaha yang berskala kecil hingga berskala menengah memilih modul-modul yang implementatif, sesuai karakter usaha yang dijalankan. Demikian juga dengan proses implementasinya, dapat disesuaikan dengan keinginan dan kesesuaian dari UKM. Berikut beberapa modul yang disediakan oleh SME Indonesia untuk memudahkan UKM.

  • Modul Master Data Management
  • Modul ¬†Financial Management
  • Modul Sales Management
  • Modul Procurement Management
  • Modul Warehouse Management
  • Point of Sale
  • Web E-Commerce

ERP Bonastoco

Aplikasi bisnis lain untuk UKM adalah ERP Bonastoco. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Telkom Indonesia Ada beberapa UKM yang telah menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan proses usaha mereka. Di antaranya adalah PT Sanxovier dan PT satu Persada Bhineka.

Business Intellegence (BI)

Aplikasi ini  merupakan salah satu solusi ERP untuk Perusahaan Kecil Menengah yang dikeluarkan oleh PT SAP. Layanan ini mulai dikenalkan pada 10 Mei 2011, untuk memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam melakukan pengelolaan data, analisa data dan meramalkan kinerja dan arah pasar berdasarkan data yang berbasis IT. Kemudian lain yang ditawarkan Business Intelegence adalah proses pengolahan data yang singkat dan siap pakai dan standar yang telah memenuhi protokol keamanan berusaha.

Microsoft Business Solution (MBS)

Seperti namanya, Microsoft Bussiness Solutin (MBS) merupakan Aplikasi yang diperuntukkan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).. Sistem yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain ERP Management, Supply Chain Management, Customer Relastionship Management dan Business Analytics. Sistem-sitem ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan dari UKM itu sendiri yang bertuuan memberikan kemudahan dalam pengoperasian aplikasi tersebut.

Kemudahan-kemudahan juga manfaat yang diberikan oleh aplikasi bisnis dapat menghemat penggunaan tenaga kerja pada UKM. Dengan demikian, biaya operasional perusahaan dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga lebih banyak modal kerja yang dapat dimanfaatkan. Harus diakui bahwa perkembangan UKM sangat berdampak pada perekonmian Negara. Semakin banyak UKM yang sukses semakin besar pula dampak baik bagi Negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here