Dunia Aplikasi di Indonesia Pada 5 Tahun Terakhir

0
208
aplikasi android

aplikasibisnis.net – Pada beberapa tahun terakhir ini pengguna smartphone memang makin bertambah banyak, bahkan dikatakan bahwa kenaikan pengguna smartphone dari beberapa tahun terakhir ini mencapai 430 % yang tentunya merupakan kenaikan yang sangat mengejutkan. Hanya ada beberapa juta penduduk Indonesia yang saat ini tidak menggunakan smartphone karena berbagai alasan, masyarakat yang tinggal di tempat terpencil tentunya tidak merasa perlu menggunakan smartphone apalagi karena jaringan internet yang masuk ke daerahnya tidak begitu kuat lalu buat apa menggunakan smartphone di daerah terpencil.

Karena toh smartphone tidak akan bisa digunakan sesuai dengan fungsinya karena tidak adanya jaringan internet yang mumpuni untuk digunakan. Itu hanyalah salah satu dari alasan yang membuat beberapa bagian dari Indonesia belum menggunakan smartphone. Seiring dengan adanya peningkatan penggunaan smartphone maka tentunya terjadi juga peningkatan penggunaan aplikasi smartphone yang berbanding lurus. Pada tahun 2015 pernah diadakan riset yang berkaitan dengan beberapa Negara yang ada di seluruh dunia salah satu yang menjadi target riset adalah Indonesia.

Indonesia sendiri diketahui sangat aktif di media sosial sehingga dengan demikian tak heran jika pengguna media sosial di Indonesia sering kali menciptakan trending topic atau topik yang panas dan dibicarakan terbanyak oleh semua pengguna media sosial tersebut, tak heran juga ada banyak sekali lelucon yang dibicarakan di Indonesia tidak hanya terkenal di Indonesia saja namun sampai ke mancanegara meski sebenarnya para pengguna media sosial di Negara lain tidak mengetahui apa maksud dari lelucon Indonesia yang menjadi topik hangat di seluruh dunia itu.

Perkembangan Aplikasi Di Indonesia Berdasarkan Riset

Sekitar 2 tahun yang lalu atau lebih tepatnya pada tahun 2015 pernah diadakan riset yang berkaitan dengan beberapa Negara di seluruh dunia salah satu yang menjadi pesertanya adalah Negara Indonesia yang memang dikenal oleh dunia menjadi salah satu pengguna internet terbesar di dunia, bahkan pernah menduduki peringkat keempat di dunia sebagai Negara dengan pengguna internet terbesar di dunia.

Namun ternyata berdasarkan perkembangan aplikasinya yang diambil dari riset tahun 2015 pada saat itu perkembangan aplikasi di Indonesia oleh para developer lokal belum begitu berkembang seperti developer internasional. Kebanyakan dari pengguna smartphone di Indonesia itu cenderung lebih banyak menggunakan aplikasi yang berasal dari developer internasional.

Bukan karena aplikasi asal Indonesia tidak berkualitas namun karena memang aplikasi dari developer Indonesia tidak sebanyak aplikasi dari developer internasional. Sehingga tidak ada alasan lain yang menyebabkan pengguna smartphone di Indonesia lebih banyak menggunakan aplikasi dari luar negeri.

Berdasarkan riset tersebut didapatkan fakta bahwa pengembangan aplikasi yang terbesar adalah pengembangan aplikasi android yang mencapai 26 % disusul dengan pengembangan aplikasi pada sistem iOs yang mencapai 25 % dan kemudian barulah urutan ketiga dipegang oleh pengembangan aplikasi cross platform yang mencapai 20 %.

Uniknya pengembangan aplikasi oleh para developer itu tadinya merupakan ide dari para individu yang mengajukan sebuah aplikasi yang akan dapat membantu pengguna smartphone untuk menggunakannya. Sebanyak 50 % dari klien developer itu adalah individu. Para klien yang merupakan individu itu juga kebanyakan memiliki ide untuk pengembangan startup.

Meski belum menunjukkan perkembangan yang signifikan namun lebih dari 75 % yakin bahwa ke depannya akan ada lebih besar lagi perkembangan penggunaan maupun pengembangan aplikasi smartphone di Indonesia.

Kemudian dari riset tersebut juga diketahui bahwa para developer yang mengembangkan aplikasi tersebut per jamnya dibayar dengan tarif sebesar Rp 140.000 untuk aplikasi iOs, Rp 150.000 untuk aplikasi android dan Rp 180.000 untuk aplikasi windows. Jika dibandingkan dengan Negara lain maka tarif ini termasuk rendah, sebagai contoh tarif yang dikenakan per jam pada Negara Singapura bahkan bsia mencapai Rp 900.000.

Mungkin hal ini juga dipengaruhi oleh masih rendahnya perkembangan aplikasi smartphone di Indonesia yang menyebabkan tarifnya pun lebih rendah. Sehingga dari riset itu pun bisa diambil kesimpulan bahwa aplikasi di Indonesia masih bisa berkembang ke depannya karena para developer masih harus berusaha untuk bisa menghasilkan aplikasi yang setara dengan developer lainnya di luar negeri sehingga lama kelamaan tarif untuk pembuatan aplikasi per jamnya bisa naik seiring dengan bertambahnya kualitas aplikasi yang dikembangkan.

Aplikasi yang Populer Pada 5 Tahun Terakhir

Jika dilihat dari perkembangan yang terjadi pada aplikasi yang ada di Indonesia selama 5 tahun terakhir bisa dikatakan bahwa semua aplikasi yang berkembang dan digunakan oleh pengguna smartphone di Indonesia semuanya berkaitan dengan aplikasi yang akan memudahkan dalam penggunaan media sosial.

Karena berdasarkan riset yang dilakukan di seluruh dunia yang menyatakan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang paling aktif dalam media sosial maka sudah tentu bahwa aplikasi media sosial menjadi yang nomor satu paling banyak diunduh di Indonesia.

Kemudian posisi nomor dua diikuti oleh semua aplikasi yang ada kaitannya dengan media sosial yang digunakan. Sebagai contoh, aplikasi yang berkaitan dengan edit foto untuk foto yang akan dibagikan melalui media sosial adalah aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Jika hendak diurutkan maka aplikasi media sosial instagram sebagai aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh dan digunakan di Indonesia. Bahkan biasanya aplikasi instagram ini memang sudah tersedia pada smartphone sejak pertama kali dibeli. Biasanya counter yang menjual smartphone yang Anda beli memang akan langsung menginstall aplikasi media sosial instagram tanpa diminta.

Mengingat bahwa aplikasi media sosial ini adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sedangkan aplikasi yang berkaitan dengannya adalah berbagai macam aplikasi edit foto seperti misalnya photo grid, insta square, B612 dan masih banyak lainnya.

Selanjutnya aplikasi yang paling banyak digunakan adalah aplikasi yang berkaitan dengan browser, jika pada PC Anda lebih banyak menggunakan browser google, atau Mozilla firefox namun pada aplikasi smartphone selain google banyak juga pengguna yang menggunakan aplikasi browser yang lebih memungkinkan mereka untuk mengunduh file dengan lebih mudah seperti misalnya UC browser atau baidu browser. Aplikasi lainnya seperti aplikasi yang mempercepat kinerja smartphone menjadi aplikasi selanjutnya yang paling banyak digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here