ERPNext Solusi Terbaik untuk ERP

0
928
software erp

Sistem ERP memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku usaha baik usahan dengan skala besar maupun usaha dengan skala kecil menengah hingga usaha skala mikro. Kini mulai bermunculan layanan-layanan yang berbasis sistem ERP untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Salah satunya adalah ERPNext Indonesia. ERPNext merupakan open source ERP berbasis web.

Aplikasi ini berfungsi untuk membantu dalam pengelolaan akuntansi, persediaan, proses penjualan, proses pembelian, pengelolaan administrasi, proyek,  pengelolaan data pelanggan dan tentunya website yang digunakan oleh UKM tersebut. ERPNEXT pertama kali dibuat oleh seorang programmer berkebangsaan India, yaitu Rushab Mehta. Aplikasi ini diciptakan atas dasar untuk pengembangan dan kemajuan dari perusahaan kecil menengah di tanah air.

ERPNext Indonesia, ERP Murah dengan Fitur Canggih

Sebagai salah satu  layanan yang memberikan banyak kemudahan, ERPNext memiliki beberapa fitur canggih yang dapat dimanfaatkan untuk manajemen data dan operasi UKM. Adapun fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

 1. Financial Acounting
Fitur ini merupakan fitur yang menyajikan laporan keuangan perusahaan secara realtime. Dalam fitur ini menyediakan semua hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. Laporan-laporan tersebut bisa berisi mengenai laporan dari biaya tagihan, biaya hutang dan piutang serta biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Secara umum laporan ini berisi semua aktivitas yang berkaitan dengan proses pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan yang dikelola oleh fitur financial acounting ini.

2. Inventory Management
Fitur ini memiliki fungsi sebagai pemantau kegiatan di gudang melalui website. Melalui fitur ini pemantauan stok yang berada di gudang menjadi lebih mudah. Hal tersebut cukup dengan melakukan input data jumlah stok, jenis barang, tanggal kadaluarsa, merk barang ke dalam sistem ERPNext ini maka selanjutnya semua data-data hasil dapat terlihat dengan jelas. Dengan demikian lokasi-lokasi mana yang stok yang berkurang atau berlebih bisa diketahui, sehingga distribusi barangnya jadi merata

3. Manufacturing Management
Fitur ini memiliki fungsi sebagai pengelola produksi usaha, di mana pada umumnya fitur ini digunakan oleh perusahaan berbasis manufaktur.

4. Sales and CRM
Fitur ini merupakan salah satu layanan yang berfungsi untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan sales. Hasil dari laporan ini dapat diketahui beberapa hal diantaranya banyaknya penjualan yang dihasilkan, harga penawaran yang dikirim, hal-hal yang dikomunikasikan dengan pelanggan dan kinerja para sales itu sendiri.

5. Purchasing or SRM
Fitur ini merupakan layanan yang berkaitan dengan pemantauan para supplier melalui website. Selain itu dalam fitur in ijuga berkaitan dengan perencanaan pembelian yang akan terintegrasi dengan penjualan.

5. Human Resource Management
Fitur ini memiliki fungsi sebagai pengelola kinerja SDM yang ada diperusahaan. Hal tersebut berkaitan dengan informasi dasar para karyawan, pengaturan jadwal cuti, memeriksa ekspense karyawan dan hal lain yang berkaitan dengan SDM.

6. Customer Support and Maintenance
Fitur ini memiliki fungsi menjaga kesetiaan para pelanggan. Dalam fitur ini para pelanggan bisa menuliskan keluhan dan pertanyaan melalui website yang digunakan oleh perusahaan.

7. Projects and Time Tracking
Fitur ini berfungsi sebagai pemantau terhadap perkembangan proyek yang sedang dilakukan. Fitur ini bisa dikatakan sebagai konsultan ERPNext. Melalui fitur ini, ERPNext memberikan kemudahan bagi para konsultan untuk mencatat proyek yang sedang dikerjakan dan hal esensial lainnya.

8. Role Management
Fitur ini berfungsi untuk menjaga kerahasian laporan suatu perusahaan, karen fitur ini mengelola siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat laporan-laporan yang ada di ERPNext tersebut.

Keuntungan Menggunakan ERPNext

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan aplikasi ERPNext ini, diantaranya:

1. Open Source
Format ERPNext berupa open source, di mana para pengguna ERPNext tidak terikat oleh perusahaan manapun untuk menggunakan produk ini. Selain itu, ERPNext merupakan ERP Murah karena sifatnya yang terbuka sehingga harganya gratis. Hal ini sangat sesuai dengan kebutuhan para pelaku UKM.

2. Berbasis Internet Kapan Saja dan di Mana Saja
ERPNext ini merupakan layanan berbasis CLOUD internet sehingga bagi para pengguna ERPNext hanya  membutuhkan browser dan layanan internet itu sendiri. Teknologi yang digunakan ERPNext adalah teknologi modern sehingga pengguna ERPNext bisa tetap bekerja meskipun koneksi internet dalam kondisi lambat. ERPNext hanya membutuhkan koneksi internet biasa, bukan koneksi internet yang mahal dan khusus. Hal ini sesuai dengan kondisi UKM. Dengan demikian ERPNext dapat dikatan sebagai ERP Murah yang memiliki skema biaya yang dapat tumbuh seiring perusahaan anda.

Melihat beberapa fitur dan keuntungan yang telah diuraikan ERPNext menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai sistem yang digunakan untuk mengelola usaha yang dilakukan para pelaku usaha kecil menengah. Dengan demikian usaha bisa terus berkembang tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi untuk sistem pengelolaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here