Garbage In Garbage Out, Menyulitkan Diawal, Namun Maksimal Dikemudian Hari

    0
    153

    Sistem informasi di dalam sebuah perusahaan memang diperlukan. Salah satu yang tercanggih di abad ini dan mampu untuk mendukung semua unit fungsional adalah sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Bila dijabarkan, maka ERP adalah suatu paket software yang bisa memenuhi keseluruhan kebutuhan untuk mengintegrasikan aktivitasnya. Jadi peran serta didalamnya sangat memegang andil besar. Jika digambarkan secara umum, maka dapat menghubungkan antara konsumen dengan supplier di dalam suatu rantai, bisa membantu dalam pengambilan keputusan karena mengadopsi proses bisnis yang telah terbuktikan sebelumnya dan dapat menyambungkan semua bagian fungsional perusahaan.

    Sistem ERP Membantu Banyak Hal

    Divisi yang ada disebuah perusahaan tentunya banyak, seperti sales, purchasing, finance, marketing, logistics, new product development dan human resources. Tapi dengan adanya sistem ERP, bisnis akan berjalan dengan baik dan menunjukkan pelayanan dan produktivitas yang mumpuni kepada pengguna, membutuhkan inventory serta biaya yang tergolong rendah, dan juga bisa menyediakan dasar e- commerce yang cukup efektif. Sistem ini dapat memberikan sebuah informasi komprehensif ke pihak manajemen dalam pengambilan keputusan di bidang manajerial yang akurat dan berguna dalam meningkatkan proses industri manufaktur.

    Hal-hal yang berkaitan dengan pengertian integrasi adalah teknik komunikasi, kordinasi dan singkronisasi operasi bisnis serta sebagai penghubung macam-macam aliran dalam proses bisnis. Sebenarnya ERP diambil dari MRP II atau sebuah rencana sumber daya dalam manufaktur (Manufacturing Resouce Planning). Kegiatannya berisi perencanaan produksi, kapasitas (rough cut capacity planning), kebutuhan material (MRP), jadwal produksi induk (MPS), manajemen persediaan, pembelian, ukuran kinerja dan pengendalian dari kegiatan produksi.

    Orientasi dari ERP adalah akuntansi yang bisa membuat rencana dan identifikasi sumber daya yang diperlukan untuk menyediakan pesanan dari konsumen secara real time dan tentunya terintegrasi. Fungsi dari sistem ini memang banyak sekali, yang pada awalnya serasa tidak mungkin ketika menjalankan dengan cara manual, tapi dengan memakai sistem ERP semuanya menjadi kenyataan. Seperti dalam hal administrasi, kalkulasi dengan singkat, otomatisasi pekerjaan, memperoleh laporan-laporan keuangan serta kinerja dalam waktu cepat. Hal tersebut sangat berguna untuk para pengambil keputusan untuk dapat mengetahui dengan jelas gambaran mengenai keadaan perusahaan tersebut.

    Jika ingin memperoleh tujuan-tujuan canggih itu, tentunya konsumen harus mendesain dan menyetting aturan terlebih dahulu, agar nantinya file yang diperlukan menghasilkan suatu data bersih yang memang benar-benar akurat dan tepat. Misalnya anda menginginkan sebuah laporan kerja dari bagian produksi layaknya jam tenaga kerja langsung atau tidak langsung, jam mesin, biaya langsung atau tidak langsung yang dikeluarkan serta yang lainnya. Selanjutnya adalah anda wajib menentukan langkah untuk menginput angka-angka tersebut dengan konsisten. Hal itu juga diberlakukan bila ingin memperoleh kinerja divisi, departemen, perhitungan rugi/ laba per produk, per daerah dan lainnya.

    Saat awal penggunaan, mungkin akan terjadi kesalahan-kesalahan. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, maka akan mempermudah dalam hal mencari sumber permasalahan di dalam staf (misalnya bila ada penggelapan dana) dan juga sebagai bahan koreksi atau review untuk HRD (pegawai yang rajin, rapi dan sering salah akan terlihat). Setelah anda merancang konten pokok tersebut, anda bisa meminta bantuan dari seorang konsultan ERP guna untuk membantu dalam membuat struktur data serta metode yang disesuaikan dengan logika dan juga cara kerja dari ERP yang akan digunakan.

    Perlu diketahui kalau semakin rapi dan terstruktur kode item barang, akun dan sebagainya, maka report atau laporan yang dihasilkan juga akan semakin baik dan tentunya benar. Banyak orang yang mengetahui tentang garbage in out, hal itulah yang sangat sesuai untuk menggambarkannya. Jadi bila perusahaan tidak memiliki sistem yang memadai, walaupun telah mengeluarkan uang besar untuk membeli atau bahkan menggunakan ERP dengan teknologi tercanggih pun tidak akan menghasilkan apa yang anda harapkan.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here