On-premise ke Cloud Harus Secepatnya, Ini Alasannya

0
258
manfaat layanan cloud

aplikasibisnis.net – CAPEX (Biaya Modal) bertransformasi menjadi OPEX (Biaya Operasional) Ya, seringkali mengapa seorang CTO yang sudah memiliki wawasan IT serta bisnis luas mengambil keputusan memilih cloud.

Dalam sebuah solusi IT korporasi adalah perubahan tersebut, disamping tentunya tidak perlu lagi mengurus pemeliharaan piranti lunak juga piranti keras, waktu implementasi yang lebih cepat, biaya infrastruktur atau bahkan segala sumberdaya untuk mendukung secara internal.

Lebih dalam lagi, mari kita bedah tiap-tiap keuntungan yang membuat teknologi Cloud itu begitu menjadi buah bibir manis dunia aplikasi bisnis lebih dari 5 tahun belakangan ini:

Memindahkan Capital Expenditure menjadi Operational Expenditure

Sudah menjadi tujuan utama departemen keuangan bisnis perusahaan manapun untuk memiliki “kesaktian” merubah model finansial secara positif yang membuat pergerakan arus kas perusahaan makin berputar lacar. Teknologi cloud memungkinkan hal itu, karena :

  • Mengurangi secara drastis bahkan meniadakan kebutuhan staff IT tambahan
  • Membutuhkan investasi software maupun hardware yang sangat minim
  • Banyak dari jasa cloud yang menggunakan skema pembiayaan yang menyesuaikan beban pemakaian atau pertumbuhan bisnis pengguna

Perusahaan juga memperoleh keuntungan dari sifat dasar sebuah penyedia jasa bisnis cloud yang telah tertera nyata dalam persetujuan layanan mereka. Kita sebagai pelanggan akan (selama masa langganan tentunya) memberikan service maksimal bahkan tidak sedikit yang menjanjikan support penuh 7/24 bergaransi.

Kecepatan pemasangan/implementasi

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau layanan cloud terbukti memberikan waktu implementasi yang sangat cepat. Apalagi untuk mereka yang menghargai TCO atau Total Cost of Ownership, cloud memberikan hitungan yang nyata menguntungkan dikarenakan hilangnya banyak waktu yang terbuang saat instalasi dan lain sebagainya.

  • Penyedia layanan cloud jelas menjanjikan akan tidak perlunya aplikasi tambahan apapun untuk me-maintain, mengintegrasi dan untuk mengurus hal infrastruktur lainnya.
  • Borongan. Ya, supaya efisien dan juga alasan ekonomis tentunya, kebanyakan cloud service melakukan berbagai kegiatan maintenance dalam skala besar secara sekaligus.
  • Mengenai pengehematan biaya juga, penyedia bisnis cloud pastilah melakukan penyebaran biaya pada seluruh klien mereka, sehingga efisiensi terasa kepada seluruh pelanggan

Stop pikirkan hal operasional, saatnya bisa luangkan waktu untuk strategi jangka panjang

Singkatnya, alokasi budget IT akan menjadi jauh berbeda dengan teknologi cloud dibanding dengan teknologi aplikasi on-premise. Anda hanya perlu memperhatikan pada satu pembayaran jasa layanan cloud tetap tiap bulan dan bisa lebih focus pada bisnis. Selamat tinggal berbagai kepusingan mengenai maintenance server, pelatihan staff, upgrade dan lain sebagainya.

Dengan memilih cloud berarti Anda dapat lebih banya waktu dan biaya untuk hal strategis untuk bisnis dan perusahaan anda. Daripada mengalokasikan waktu dan budget anda yang begitu berharga untuk software, hardware dan begitu banyak konsultan (yang kadang lebih banyak merepotkan daripada memberi solusi). Saatnya Anda lebih meluangkan sumberdaya Anda kepada hal yang langsung berdampak pada keuntungan perusahaan bukan?

Siap untuk Digital Transformation

Sudah mulai banyak yang membahas mengenai masa depan IT, dan semua bisnis yang menggunakan IT, aplikasi, ERP, dan bantuan teknologi terkini dalam proses bisnis mereka. Mau tidak mau akan mengarah atau terpaksa mengikuti gerakan Digital Transformation. Perlu pembahasan terntentu tentang apa itu Digital Transformation itu, namun satu yang pasti, tenologi Cloud ada di dalam bagiannya.

Bisnis yang Tumbuh Terkelola

Seperti pada poin pertama dijelaskan kalau teknologi cloud memiliki kemampuan mentransformasi model keuangan hingga tampil cemerlang. Sebuah konsep bisnis yang memungkinkan untuk bisa memulai kegiatan tanpa perlu investasi raksasa di depannya, aman pada pembayaran rutin bulanan yang strukturnya membuat seluruh stakeholder dan anda pastinya pelaku IT lebih memegang kendali.

Dengan teknologi “pintar” yang memang di desain untuk environment cloud, pembiayaan rutin ini bahkan memiliki fleksibilitas mengagumkan, yang dapat di tingkatkan serta diturunkan skalabilitasnya dalam (hampir) sekejap mata, mengikuti strategi atau bahkan volatilitas dunia bisnis masa kini secara proaktif.

Sudah siapkah bisnis Anda pindah dari “jalan raya” menuju “track formula satu” dengan memindahkan  teknologi on-premise Anda kepada teknologi cloud?. Bukan hanya dengan Total Cost of Ownership yang semakin efisien, juga akhirnya memiliki kemampuan untuk bisa mengalokasikan waktu dan budget kepada strategi jangka panjang, merampingkan proses bisnis, semua hal yang benar-benar berarti untuk pertumbuhan bisnis anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here