Rahasia Terkenal di Masa Kini: Buatlah Aplikasi Sosial Media

0
360
keungutngan membuat aplikasi media sosial

aplikasibisnis.net – Para pembuat aplikasi masa kini selalu memiliki impian untuk mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai seorang pioneer sesuatu yang dapat membantu umat manusia.

Salah satu hal yang paling mungkin terwujud adalah dengan menciptakan aplikasi mobile. Terutama karena di masa kini, internet dan aplikasi mobile merupakan suatu kesatuan yang mutlak.

Sebagai seorang pembuat aplikasi mobile, tentunya ingin hasil karyanya digunakan oleh banyak orang. Untuk itu, membuat aplikasi yang mendunia menjadi impian setiap developer. Lalu aplikasi apakah yang bisa diterima banyak orang? Buatlah aplikasi sosial media.

Jika kita tengok ke peringkat aplikasi yang paling banyak diunduh oleh orang-orang dari seluruh dunia, kebanyakan kita akan menemukan aplikasi yang bergerak di sosial media di dalamnya. Aplikasi seperti Facebook, Instagram, Snapchat, Twitter, Pinterest, LINE, dan masih banyak aplikasi sosial media lainnya selalu mendominasi peringkat download di semua platform mobile.

Baca: Keuntungan Membuat Aplikasi Mobile

Ini berhubungan dengan sifat dasar manusia yang pada umumnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan hubungan sosial antar manusia untuk hidup. Maka tak heran jika aplikasi-aplikasi seputar hubungan sosial ini menjadi aplikasi yang paling banyak dicari di mobile.

Terlebih lagi, smartphone itu sendiri adalah alat komunikasi yang notabene memang digunakan untuk berhubungan sosial. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika di alat smartphone juga terdapat aplikasi komunikasi.

Sosial media itu sendiri mulai tenar dikenal setelah keberhasilan Facebook dan Twitter dalam mengenalkan produk aplikasi mereka sebagai aplikasi sosial media. Meskipun sebelumnya, pun juga sudah ada aplikasi sosial media lain seperti Friendster maupun Multiply, namun istilah sosial media baru mulai setelah Facebook dan Twitter merajai dunia.

Namun, meskipun aplikasi sosial media sangat berpotensi dan mendunia, jangan lupa satu hal yang penting saat membuat aplikasi: Jangan sekadar meniru, tapi kembangkan! Atau dengan kata lain, jangan hanya sekadar membuat Facebook baru atau Twitter baru, namun berikan sesuatu hal yang baru juga.

Baca: Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuat Apps

Seperti misalnya Snapchat, yang memberikan sesuatu yang baru dengan berbagi video dan filter-filter lucunya. Atau seperti LINE, yang tadinya hanya sekadar aplikasi chat messenger biasa, kini menjadi aplikasi sosial media yang digunakan untuk berbagi konten sampai bermain games.

Karena sangat populernya aplikasi sosial media ini, maka akan ada banyak orang yang ingin berebut lahan di ranah ini. Oleh karena itu, coba kembangkan aplikasi yang memiliki keunikan lebih dibanding yang lainnya. Jadi pikirkan konsep aplikasimu secara matang sebelum memutuskan untuk terjun ke persaingan aplikasi sosial media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here