7 Alasan Perusahaan Butuh ERP

0
1072
pengertian erp

Suatu perusahaan yang telah berkembang tentu saja akan ada tantangan baru yang harus dihadapi, misalnya adalah sebuah kedisiplinan, efisiensi produksi, ketepatan dan lainnya. Dalam penggunaan sistem manual belum tentu semuanya dapat dilakukan dengan baik. Hal inilah yang membuat perusahaan butuh ERP untuk membantu kinerjanya agar lebih maksimal. Pendapatan gambaran informasi yang akurat akan sulit bila menggunakan metode lama. Meskipun begitu, masih ada saja usaha yang menggunakannya. Padahal sebenarnya banyak sekali keuntungan dan kelebihan yang bisa didapatkan ketika mengimplementasikan sistem informasi ini dalam penjalanan proses bisnis.

Kenapa Perusahaan Butuh ERP ?

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan ada alasan perusahaan butuh ERP, yaitu :

  • Telah Menggunakan Lebih Dari Tiga Aplikasi Terpisah Untuk Menjalankan Bisnis

Poin pertama ini sering sekali dilakukan oleh perusahaan. Malah ada yang menerapkan untuk melakukan pembangunan dan pembelian sistem informasi yang dilakukan secara terpisah dan berbeda-beda tiap divisinya. Misalnya adalah HRD, finance, gudang, produksi, procurement dan lainnya. Walaupun yang memperoleh perhatian lebih adalah bagian finance.

Sebenarnya tak sedikit yang memakai aplikasi akuntansi yang digunakan untuk melakukan pengelolaan data transaksi keuangan. Tapi sepertinya belum maksimal karena ternyata fitur yang ada didalamnya tidak bisa dipakai semuanya, seperti pada fitur payroll untuk perpajakan. Disana terdapat pembatasan yang sifatnya tidak fleksibel untuk memungkinkan bila ingin ada penambahan atau perubahan fitur.

Dengan memakai open ERP maka tidak perlu pemakaian masing-masing sistem dalam setiap unit kerja, karena akan terbentuk jembatan yang bisa menaungi semuanya, karena bersifat open source. Fasilitas yang ada pun dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan dengan syarat tidak mengganggu bila adanya pengupgradean. Selain itu, karena dijalankan oleh sebuah komunitas, maka penemuan kesalahan di dalam sistem pun bisa lebih cepat ditangani dan jangkauannya pun luas.

  • Terlalu Banyak Waktu Untuk Menyusun Laporan Kepada Manajemen

Efisiensi waktu pun dapat diterapkan bila menggunakan ERP. Semua hal yang tadinya seperti tidak mungkin untuk dilakukan, maka menjadi bisa dikerjakan. Laporan yang sering membebani pegawai untuk diserahkan ke pihak manajemen sudah tidak ada lagi, karena untuk hal administrasi, otomatisasi pekerjaan, mendapatkan laporan keuangan dan kinerja dengan waktu singkat serta kalkulasi cepat dapat langsung diperoleh jika mengaplikasikan sistem informasi ini di dalam perusahaan.

  • Memiliki Sistem Akunting Yang Rumit Dengan Data Yang Panjang

Persentase sebuah keberhasilan dan keuntungan merupakan hal yang sangat penting diterapkannya ERP dalam bisnis. Faktor yang membuat tingginya implementasi dari ERP adalah bisa menekan pekerjaan yang dilakukan secara manual dan menimbulkan suatu pembengkakan biaya dan waktu yang lebih lama seminimal mungkin. Sistem otomatisasi yang ditawarkan dan akan berefek positif seperti kepada kecepatan, proses dan meningkatnya profit. Hal itulah yang membuat perusahaan butuh ERP.

  • Top Manajemen Tidak Dapat Dalam Waktu Singkat Mengetahui Kesehatan Perusahaannya Secara Tepat

Penggunaan ERP yaitu dapat mempermudah semua kalangan yang ada di berbagai level di dalam sebuah perusahaan. Hal itu karena data yang dihasilkan bisa dijadikan sebuah pedoman untuk melakukan penilaian terhadap kinerja di banyak bagian dalam waktu singkat dan tentunya bisa memberikan gambaran secara tepat untuk kondisi perusahaan. Selain itu, laporan yang dihasilkan juga membantu dalam menganalisis sebuah strategi ke depannya dan perusahaan pun dapat mengambil tindakan dan lebih responsif untuk menghadapi perubahan.

  • Makin Sering Perlu Diadakan Rapat Koordinasi Yang Membuang Waktu

Alasan lain perusahaan butuh ERP adalah agar para karyawan lebih fokus untuk pekerjaannya, sehingga produktivitas pun dapat dilakukan secara maksimal. Tidak perlu lagi seringnya pelaksanaan rapat koordinasi, karena semuanya telah dijalankan dengan mudah.

  • Makin Seringnya Terjadi Perbedan Data Antar Divisi

Konflik yang mungkin saja timbul akibat adanya perbedaan data dapat diminimalisasi, karena semua laporan telah diinput yang melalui proses otomatisasi, sehingga hasilnya pun akurat. Tidak seperti penghitungan manual, yang memungkinkan adanya kesalahan.

  • Ada Rencana Audit Besar-Besaran

Bila sebelumnya sering terjadi audit yang dilakukan besar-besaran, dengan ERP semua data telah tepat dan sesuai.

Itulah tujuh pertimbangan kenapa perusahaan butuh ERP. Keuntungannya sangat banyak. Perusahaan anda juga akan mendapat kemudahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here