Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Membuat Aplikasi Zaman Now?

0
476
ide membuat aplikasi, aplikasi zaman now

aplikasibisnis.net – Memiliki startup merupakan sebuah pencapaian di zaman now. Bayangkan memiliki usaha sendiri tanpa kekangan dari perintah perusahaan. Mengembangkan mimpi dari ide yang terbersit di pikiran kita.

Mendapatkan profit untuk tim kecil dalam jumlah yang besar, tentunya menjadi tujuan dari setiap perintis startup. Tapi bagaimanakah memulainya? Apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan?

Jika kita ingin bergerak di bidang startup maupun menjadi pembuat aplikasi, semua harus berawal dari ide. Tanpa ide, maka tidak mungkin ada aplikasi maupun proyek apapun bisa dikerjakan. Maka tak heran jika dibutuhkan banyak ide pada bisnis ini. Namun, bagaimanakah cara menemukan ide yang bagus dan relevan untuk bisnis aplikasi kita?

Sebelum kita membuat aplikasi dan mencari ide, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu: Visi, cari tim, dan siapkan teknologi.

Setelah itu, baru kita fokuskan diri untuk mencari ide. Berikut ini ada pengalaman dan tips bagaimana agar dapat membuat aplikasi mobile yang baik berawal dari ide.

Baca: 5 Aplikasi Mobile Android Penunjang Bisnis

Cara membuat ide

Latar belakang masalah bisa menjadi ide. Menemukan ide yang unik sebenarnya susah, karena kebanyakan masalah yang ada sudah ada solusinya (dalam bentuk apps). Cara agar dapat mendapatkan masalah yang unik adalah dengan melihat objek awalnya.

Misalnya mencari masalah saat menonton film, objek masalah yang di dapat adalah ‘kebelet pipis’. Untuk itu, muncul ide untuk membuat aplikasi yang akan memberitahu waktu-waktu yang tepat untuk pergi ke toilet saat menonton film tersebut.

Baca: Rahasia Terkenal di Masa Kini: Buatlah Aplikasi Sosial Media

Kirim aplikasi sebanyak-banyaknya (cari ide sebanyak-banyaknya)

Tulis ide yang didapat. Bikin ide dulu. Jangan sia-siakan masa muda, karena dunia di luar sana sangat ganas. Kompetisi dapat membantu kita untuk hal ini. Karena dengan ikut kompetisi, bisa jadi alasan untuk mengembangkan ide. Itulah kenapa harus membuat ide sebanyak-banyaknya. Karena kompetisi memacu diri kita untuk memberikan ide yang terbaik.

Bikin konsep proposal. Yaitu Latar belakang masalah, tujuan aplikasi, solusi, kenapa ide kamu beda, market share, dan business model.

Jangan terlalu rumit

Karena tidak ada yang mau mengembangkan ide yang rumit. Justru yang berhasil adalah mereka yang dapat menyederhanakan apa yang rumit.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mencari ide dalam membuat aplikasi. Tips ini juga bisa kamu gunakan untuk hal lain seperti mencari ide untuk project lain. Share dan rekomendasikan artikel ini ke orang terdekat kamu, siapa tahu mereka sedang membutuhkan ide untuk membuat aplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here