Keuntungan Membuat Aplikasi Android Hingga Manfaat Layanan Cloud Computing

    0
    851
    aplikasi android

    aplikasibisnis.net – Kehadiran teknologi khususnya di bidang bisnis rupanya membawa keuntungan serta keefisienan pekerja. Para pekerja yang bekerja secara mobile dapat terbantu dengan adanya aplikasi bisnis atau sejenisnya untuk selalu terhubung dengan para karyawan lainnya.

    Ditambah, hadirnya berbagai platform semakin meningkatkan keefektivitas para pekerja dan hampir semua orang di dunia ini menikmati keuntungan tersebut.

    Beberapa platform sejatinya memiliki developer baik internal maupun eksternal. Developer internal yang kami maksud ialah orang yang mengembangkan platform tersebut dan eksternal ialah developer yang mengembangkan aplikasi utilitas atau semacamnya, agar platform tersebut dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya.

    Hadirnya para developer atau sekarang banyak disebut Startup, turut membantu sektor bisnis dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi. Seperti contoh, aplikasi ERP yang dibesut oleh salah satu perusahaan terkemuka di dunia, yakni SAP telah banyak membantu perusahaan-perusahaan di dunia dalam mengelola bisnisnya.

    Disamping itu, untuk dapat menikmati aplikasi bisnis secara utuh dan tentunya secure, sekarang ini banyak bertebaran startup di bidang penyimpanan awan atau cloud computing. Penyimpanan awan sangat diperlukan bagi pelaku bisnis.

    Hal itu bertujuan agar semua data-data penting tidak luput dari serangan siber. Selain aman, cloud computing juga dapat memangkas pengeluaran di bidang IT.

    Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan cloud computing ialah sang raksaksa teknologi era ini, yakni Google. Mereka (Google) telah lama membuat suatu layanan cloud computing yang diberi nama Google Drive.

    Bahkan, Google memberi akses gratis terhadap layanan mereka untuk penggunanya, -para pengguna akan mendapatkan storage sebesar 15 GB .

    Pada kesempatan ini, kami mencoba mengajak Anda untuk lebih “melek” lagi terhadap perkembangan teknologi, dan juga manfaat serta keuntungannya jika Anda ikut terjun kedalam bisnis ini.

    Pendahuluan

    Sebagai negara yang memiliki penduduk sekitar 250 juta jiwa, Indonesia dikategorikan sebagai negara konsumtif. Dalam sebuah laporan dari InMobi, yakni salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ad network, Indonesia menduduki peringkat kedua se-asia pasifik untuk kategori pengguna mobile versi InMobi.

    Sementara itu menurut laporan yang dikeluarkan oleh AdMob, salah satu anak perusahaan Google, Indonesia menduduki peringkat ketiga terbesar di dunia dibawah US dan India.

    Namun sayangnya, perkembangan industri mobile di Indonesia tidak sejalan dengan penggunanya yang semakin hari kian bertambah. Hampir semua pengembang aplikasi mobile yang lahir di tanah air lebih memilih untuk terbang ke luar negeri untuk berkerja.

    Padahal, di tanah air sendiri mungkin sedang mengalami “krisis” dan membutuhkan lebih banyak lagi pengembang aplikasi mobile.

    Selanjutnya, ada suatu teknologi penyimpanan terbaru yang dianggap lebih hemat biaya dan tentunya aman. Perusahaan besar maupun UKM di Indonesia sekarang ini sepertinya masih belum terlalu memikirkan keamanan data mereka.

    Pasalnya, dunia digital saat ini sudah semakin berbahaya semenjak kehadiran malware yang sejatinya dapat mencuri data-data penting.

    Selain itu, pelaku bisnis masih melakukan pengolahan data dan keamanan secara tradisional, yang sejatinya memakan lebih banyak pengeluaran.

    Salah satu solusi yang dapat mereka terapkan demi membangun dunia bisnis yang utuh ialah dengan memulai menggunakan layanan cloud computing.

    Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk ikut terjun ke dalam dunia digital, baik menjadi pengembang aplikasi, penanam modal ataupun menjadi penyedia layanan cloud. Lantas, apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan?

    Keuntungan Membuat Aplikasi Android

    Beberapa orang mungkin sudah berasumsi jika para pelaku bisnis terutama di sektor teknologi memiliki penghasilan yang luar biasa. Ya memang, gajih untuk seorang programmer junior saja bisa sampai Rp 8 hingga Rp 15 juta.

    Bagaimana dengan programmer senior? Mereka mungkin akan mendapatkan lebih banyak lagi dibanding programmer junior.

    Yang lebih meyakinkan lagi, jika Anda membuat suatu aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi, jika proposal yang kita ajukan terhadap aplikasi tersebut disetujui oleh inverstor. Mereka akan menanamkan modalnya agar aplikasi yang Anda buat dapat diluncurkan segera.

    Saat ini, startup yang berhasil mengibarkan benderanya di kancah tanah air ialah GO-Jek. Startup ini menyediakan layanan tranportasi online.

    Mereka merubah kebiasaan orang Indonesia yang selama ini hanya mengandalkan transportasi “’offline” menjadi “online”. Atas hadirnya layanan tersebut, semua orang dapat menikmati manfaat yang diantaranya menghemat waktu, harga lebih murah, fleksibel dan lain sebagainya.

    Selain itu, layanan ini juga digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di tanah air. Yang artinya, banyak konsumen berarti banyak pemasukan, seperti itu bukan?.

    Jika kita melihat dari kasus tersebut, coba sekarang Anda pikirkan, berapa untung yang didapat oleh startup tersebut? Berapa dana yang dikucrukan dari para investor? Ini luar biasa.

    Kembali lagi ke Anda, jika Anda memiliki bakat membuat aplikasi, coba mulai pikirkan “tema” apa yang nanti bakal Anda gunakan sebagai bahan aplikasi yang akan Anda buat.

    Jika sudah mendapatkan tema atau ide, mulailah mengembangkannya seperti membangun tim, mencari dana, investor dan lain sebagainya.

    Nah sekarang, apa keuntungan selanjutnya jika kita membuat aplikasi?

    Keuntungan Membuat Aplikasi Android dari Iklan

    Ketika Anda selesai membuat aplikasi atau game di platform Android atau sejenisnya, hal selanjutnya yang akan Anda tempuh ialah menjual atau memonetisasi aplikasi tersebut.

    Biasanya, para pengembang akan mendaftarkan aplikasi atau game-nya ke layanan iklan seperti Google AdMob. Layanan iklan milik Google ini akan membayar banyak ke Anda jika aplikasi atau game yang Anda buat memiliki banyak pengguna.

    Tidak hanya AdMob yang akan membayar Anda, banyak diluar sana layanan iklan yang dapat Anda manfaatkan sebagai lading pencarian. Biasanya, aplikasi atau game yang Anda buat harus sudah final, dalam arti lainnya kedua hal tersebut sudah layak untuk digunakan oleh pengguna.

    Setelah Anda mendaftarkan ke berbagai layanan iklan, tahap selanjutnya aplikasi atau game yang Anda buat akan di-review. Masa review bisa memakan waktu hingga 3-7 hari.

    Keuntungan Membuat Aplikasi Android dari Investor

    Poin yang kedua, jika aplikasi Anda memiliki fitur yang berbeda atau mungkin unik dari yang lainnya, maka para investor akan memberikan Anda kucuran dana. Besaran mengenai kucuran dana tersebut seperti yang tertera dalam proposal yang Anda buat.

    Dengan adanya investor, Anda jadi lebih mudah lagi dalam mengembangkan aplikasi tersebut hingga selesai dan dipublikasikan ke publik.

    Keuntungan Membuat Aplikasi Android dari Penjualan

    Penjualan yang kami maksud disini ialah Anda sebagai pengembang yang menjual aplikasi kepada pihak lain, yang nantinya akan dikembangkan lagi atau langsung dipublikasikan ke publik.

    Biasanya mereka akan mendesain ulang maupun menambahkan fitur-fitur lain agar aplikasi yang telah Anda jual dapat digunakan sesuai kebutuhan pasar.

    Namun, biasanya para penjual aplikasi Android begitu sedikit. Kebanyakan dari developer hanya mengembangkan aplikasi sesuai keinginan perusahaan dan atau hanya sekedar membuat aplikasi sesuai kebutuhan. Tetapi, hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda, karena satu aplikasi saja bisa bernilai jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

    Manfaat Layanan Cloud Computing

    Seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwa sekarang ini telah muncul teknologi terbaru dalam bidang penyimpanan, Cloud Computing. Banyak sekali keuntungan bagi Anda jika menggunakan layanan ini. Berikut kami rangkum beberapa manfaat serta keunggulan menggunakan layanan cloud computing.

    Manfaat Layanan Cloud Computing dari Segi Biaya

    Hemat biaya? Ya benar, jika Anda menggunakan layanan cloud computing maka perusahaan Anda akan menghemat biaya dalam penyimpanan data-data. Mengapa demikian? Karena perusahaan Anda tidak perlu lagi menyediakan hard disk serta server.

    Uang yang harusnya Anda kucurkan untuk biaya perawatan infrastruktur, dapat Anda akumulasikan untuk keperluan IT lain seperti mengembangkan software maupun peningkatan infrastruktur lain.

    Manfaat Layanan Cloud Computing dari Segi Keamanan

    Penyimpanan awan atau yang biasa disebut dengan cloud computing memiliki keamanan yang lebih baik lagi dibanding dengan penyimpanan tradisional. Anda tidak harus khawatir akan kehilangan data-data penting mengenai perusahaan Anda.

    Seperti contoh, jika harddisk Anda rusak dan semua data-data penting di dalamnya tidak dapat di recovery, tentunya perusahaan Anda akan mengalami kerugian.

    Berbeda jika Anda menyimpannya di layanan cloud computing, Anda tidak harus memikirkan hal itu terjadi, karena semua keamanan akan dijamin 100% oleh penyedia layanan tersebut.

    Selain itu, data perusahaan Anda juga akan lebih aman lagi dari serangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

    Kesimpulan

    Menurut kami, dari ketiga poin diatas dapat kami simpulkan bahwa yang paling menguntungkan adalah jika Anda memiliki aplikasi dan mendaftarkannya ke platform iklan, lalu mempublikasikannya ke dalam Store seperti PlayStore maupun AppStore. Hal itu tentunya akan membawa keuntungan tersendri bagi Anda.

    Anda juga tidak harus membagi hasil kepada pihak lain termasuk investor, karena aplikasi yang Anda buat murni bikinan Anda sendiri.

    Namun hal itu tidak menutup kemungkinan jika Anda melakukan poin kedua dan ketiga. Anda juga masih bisa meraup untung walaupun dari kedua poin tersebut.

    Selanjutnya untuk kesimpulan layanan cloud computing, sepertinya persuhaan maupun UKM harus mengikuti perkembangan jaman, terutama dalam simpan meyimpan data.

    Beralihlah ke layanan cloud computing, karena semua manfaat seperti yang sudah kami jelaskan diatas sangat penting bagi kelangsungan perusahaan Anda dimasa yang akan datang.

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here