ERP Indonesia dan Perkembangan Aplikasinya dalam Bisnis

0
1223
aplikasi erp

Teknologi selalu memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Tinggal bangaimana cara untuk memanfaatkannya agar bermanfaat secara efektif dan efisien. Perkembangan teknologi dari hari ke hari semakin terasa sangat membantu aktivitas manusia seperti penggunaan ponsel, internet dan lain sebagainya. Kemajuan tersebut dapat dirasakan di semua bidang, tak terkecuali bidang usaha dan bisnis. ERP Indonesia merupakan salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pengelolaan usaha.

Enterprise Resources Planing (ERP) adalah sistem perencanaan yang digunakan oleh perusahaan dengan memanfaatkan aplikasi atau perangkat lunak komputer dan sistem yang terintegrasi. Sistem yang dimaksud mencakup sistem informasi dan sistem yang diperuntukan bagi perusahaan manufaktur dan perusahaan yang bergerak dibidang jasa.

ERP Indonesia dan Perannya dalam Bisnis

Secara umum, ERP berperan untuk mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis. Adapun proses-proses tersebut berkaitan dengan aspek operasi, aspek produksi dan tentunya aspek distribusi yang terjadi di perusahaan. Selain itu, ERP juga bisa dikatakan sebagai sistem yang digunakan untuk mengelola seluruh aktivitas perusahaan, seperti sektor keuangan, produksi, HRD, marketing, logistik dan bidang lainnya.

Sebagai sebuah sistem, ERP juga dikatakan sebagai back office. Sistem ini mengindikasikan agar pelanggan dan publik dilibatkan secara langsung. Sementara sistem front office berhubungan langsung dengan pelanggan dan publik. Sistem ERP ini dapat digunakan dan dijalankan dengan dukungan infrastruktur komputer baik berupa perangkat keras komputer ataupun perangkat lunaknya untuk memudahkan dalam pengolahan dana bisnis.

Bayangkan apa yang terjadi dalam sebuah perusahaan jika masing-masing departemen atau divisinya bekerja sendiri-sendiri, tanpa sistem yang integrasi. Fungsi inilah yang dijalankan oleh ERP, yakni sebagai penghubung semua lini dalam perusahaan dalam satu software yang mengandung database yang logis. Dengan demikian, semua departemen dapat berkomunikasi dan berbagi data dan informasi seputar perusahaan.

Sistem ERP Indonesia didasarkan pada modul-modul yang berguna untuk mengelola proses manufaktur seperi logistik, distribusi, penyediaan, pengapalan, invoice serta akutansi perusahaan. Dengan kata lain, sistem ini berperan dalam pengontrolan aktivitas bisnis, baik itu prosesn penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen  kualitas dan sumber daya manusia, serta manahemen finansial perusahaan. Pihak perusahaan bisa menambahkan modul baru sesuai kebutuhan.

Selain mengkoordinir dan mengintegrasikan data-data yang sebelumnya berpencar, sistem perencanaan sumber daya perusahaan ini memiliki fungsi lain, yakni untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, karena banyak pekerjaan yang sebelumnya dijalankan secara manual digantikan oleh sistem terkomputerisasi. Sistem pelacakan data, mulai dari penerimaan order hingga pemenuhan tercatat dengan baik.

Perkembangan Sistem ERP di Indonesia

Sebagai salah satu sistem yang memberikan manfaat untuk mengintgrasikan suatu proses bisnis, ERP telah mengalami banyak perkembangan termasuk di Indonesia. ERP sebenarnya dikembangkan dari sistem MRP II (Manufacturing Resources Planing II), yang merupakan pengembangkan dan hasil evolusi dari sistem MRP (Manufacturing Requirement Planing) yang telah ada dan berkembang sebelumnya.

Pada tahun 1990-an PT Astra Internasional berhasil mengimplementasikan sistem ERP dengan menggunakan SAP, yang merupakan salah satu vendor yang memiliki target pasar untuk perangkat lunak ERP terbesar di dunia. Sejak saat itu, ERP Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama setelah munculnya platform dan perangkat keras yang lebih baik dari sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa periode perkembangan implementasi Enterprise Resource Planning di Indonesia.

  • Periode tahun 1990-an

Pada periode ini, implementasi yang digunakan adalah Early Implementation. Adapun first layer yang digunakan adalah SAP R2 dan Oracle Finance. Sementara second layer yang digunakan adalah MAPICS, MOVEX Navision, JD Edwards earlversion. Pada periode ini, beberapa holding company merasa sangat perlu untuk membuat subsidiary, yang diperlukanuntuk membuat suatu projek.

  • Periode tahun 2000-an

Pada periode ini, implementasi yang digunakan adalah Stabil Operation. Aplikasi first layer yang digunakan SAP R3, modul standar (PP, PM, MM, FI dan CO), sedangkan second layernya adalah upgrade version, New Business Line Microsoft Axapta dan SAP Small Business.

  • Periode tahun 2005-an

Pada periode ini, ERP Indonesia mengalami mengalami banyak hal. Di antaranya adalah mulai terlihatnya beberapa kelemahan dari SAP, masalah pada data migrasi, dan usser access yang berlebihan. Pada periode inilah security firm, audit firm dan konsultan bekerja untuk melakukan upgrading.

  • Periode tahun 2010-an

Pada periode ini, sistem ERP Indonesia telah mengadopsi teknologi terbaru dalam berinvestasi, di mana teknologi yang diterapkan sudah mencapai posisi stabil, karena penggunanya sudah memahami betul manfaat dari teknologi tersebut.

Kemajuan teknologi sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap pola kehidupan, kemudahan-kemudahan yang disuguhkan menjadikan SDM bisa bergerak dan bekerja secara efektif juga efisien tentunya. Hal ini pula yang dirasakan dalam dunia bisnis. ERP Indonesia beneran dapat untuk mengintegrasikan dan mengotomasi sitem kerja suatu perusahaan, sehingga semua proses di dalamnya dapat berjalan dan terkontrol dengan baik dan data atau informasi bisa diakses secara real-time.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here