Keamanan Berbasis Cloud, Apakah Cocok?

    0
    282
    kemanan cloud untuk ukm
    aplikasibisnis.net

    aplikasibisnis.net – Saat ini, banyak usaha kecil dan menengah yang tengah menghadapi tantangan keamanan, khususnya di dunia digital. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM ialah kurangnya sumber daya manusia yang dapat mengolah masalah tersebut, serta minimnya anggaran.

    Hal ini yang membuat para pelau bisnis UKM untuk berfikir dua kali dalam melakukan investasi dibidang keamanan berbasis cloud. Namun kabar baiknya, para pelaku UKM memiliki beberapa pilihan dalam hal solusi keamanan yang ada di pasar saat ini.

    Salah satu solusinya ialah dengan keamanan berbasis komputasi awan atau yang sering disebut dengan cloud security. Jenis keamanan ini belakangan telah banyak digunakan oleh para pelaku UKM, solusi keamanan baru ini lebih baik lagi ketimbang keamanan tradisional on-premise.

    Namun, apakah jenis keamanan ini cocok untuk usaha Anda? Sejalan dengan perkembangan bisnisnya, kebutuhan UKM juga berkembang dan mungkin lebih memprioritaskan aspek-aspek tertentu dari bisnisnya dibandingkan aspek lainnya.

    Berikut ini kami sajikan mengenai tahapan UKM serta tentang bagaimana keamanan berbasis cloud dapat membantu.

    1. Startup

    Beberapa bisnis startup tidak memiliki SDM yang mumpuni untuk menangani keamanan bisnis mereka. Hal ini tentu saja membuat bisnis mereka rentan terhadap serangan siber. Sejatinya, bisis startup sering kali berurusan dengan data yang amat sensitif. Data-data itu bisa saja berupa data para pelanggan, laporan keuangan dan lain sebagainya.

    Solusi untuk masalah ini ialah dengan memperkuat sumber daya manusia untuk bisnis tersebut, serta juga memperkuat kemanan situs, akses penuh ke akun perusahaan, kemampuan untuk mengunci dan menghapus sebuah data melalui perangkat jarak jauh.

    2. UKM dengan budget terbatas

    Seiring berkembangnya sebuah bisnis UKM, mungkin beberapa diantara para pelaku UKM tersebut mulai menghadapi masalah seperti cash flow, dan tujuan mereka saat itu tidak lain ialah bagaimana cara memaksimalkan anggaran yang ada.

    Di bagian teknologi informasi (IT), pelaku UKM juga harus mengeluarkan anggaran untuk pemeliharaan sistem keamanan. Selain itu, mereka juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeliharaan server atau perangkat keras lainnya, hal ini terjadi bagi para pelaku UKM yang masih menerapkan sistem on-premise.

    Untuk mengatasi hal ini, para pelaku bisnis UKM dengan budget yang terbatas bisa menggunakan layanan keamanan berbasis cloud. Hal ini bertujuan untuk menekan pengeluaran TI pada bisnis tersebut.

    3. UKM berkembang pesat

    UKM jenis ini adalah UKM yang sudah mempunyai pelanggan yang banyak serta memiliki banyak karyawan. Meningkatkanya jumlah karyawan dikarenakan permintaan dipasaran meningkat, oleh karena itu beberapa pelaku UKM ada yang mengadopsi tren Bring-Your-Own-Device (BYOD).

    Hal itu membuat karyawan yang bekerja secara mobile meningkat juga, dan akan berakibat pada bertambahnya kesulitan untuk memastikan keamanan setiap karyawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain, serta memastikan keamanan perangkat yang mereka gunakan.

    Keamanan berbasis cloud ini diperlukan bagi UKM yang sedang mengalami pertumbuhan pesat, karena untuk melindungi setiap perangkat dan endpoint dengan baik. Jika sudah diterapkan, hal ini akan menambah produktivitas dalam bekerja, missalnya dapat berfokus pada tujuan lain seperti ekspansi bisnis.

    4. UKM mapan

    Jika UKM sudah melewati masa-masa pertumbuhan seperti diatas, kini saatnya Anda para pelaku bisnis untuk memerhatikan secara lebih mengenai keamanan. Disamping itu, pelaku bisnis harus memerhatikan kinerja para IT-nya.

    Prioritas UKM juga akan bergeser untuk fokus terhadap pengelolaan karyawan dan infrastruktur lainnya. Maka dari itu, dibutuhkan manajemen perusahaan yan baik agar semua aspek diatas dapat ditunjang dan berjalan dengan lancar.

    Sepertinya, para vendor-vendor memiliki penawaran berbeda-beda dalam hal keamanan berbasis cloud. Pelaku bisnis dituntut untuk memiliki “langganan” akan hal ini, sebab Anda para pelaku UKM harus memiliki satu solusi yang tepat yang mudah digunakan dan berkelanjutan. Salah satu manfaat yang didapat jika sudah memiliki viability vendor ialah lebih mudah untuk melakukan komunikasi, upgrade atau pemutakhiran alat, proses implementasi dan lain sebagainya.

    Selama solusi ini terpenuhi, perusahaan juga akan menikmati ringannya biaya yang dikeluarkan serta dapat mengelola keamanan IT mereka secara lebih baik lagi dalam jangka panjang.

    Dapat disimpulkan bahwa, keamanan berbasis cloud mempunyai fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan UKM di berbagai tahap perkembangan bisnisnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here