Open ERP Sekarang Disebut Odoo, ERP Lengkap Banget Dan Murah Meriah

0
864
odoo

Sistem manajemen di sebuah perusahaan tentu saja harus dibuat semaksimal mungkin agar mempermudah dalam melakukan aktivitas dan kinerja. Bagi anda yang masih merasa kebingungan dalam memilihnya, mungkin open ERP adalah jawabannya. Ya, setiap harinya aplikasi ini didownload 600 kali, dengan penyediaan 18 bahasa, 800 lebih developer yang turut dalam berpartisipasi dalam pengembangannya dan mempunyai kontributor serta partner yang ada di seluruh dunia. Penggunanya bukan hanya mencakup bisnis besar, tapi telah merambah ke usaha kecil/ mikro dan independen. Biasanya sektor yang mengaplikasikannya adalah agrikultural, tekstil, perdagangan dan lainnya.

Mengenal Lebih Dekat Open ERP

Peristiwa tersebut dapat membuktikan bahwa penggunaannya dapat dipakai untuk berbagai macam perusahaan dan tingginya tingkat fleksibilitasnya yang mumpuni. Pembuatannya tentu saja melibatkan teknologi yang sifatnya open source dan juga sebuah arsitektur modular, tapi dibalik itu semua tentu saja mengutamakan produk yang dihasilkan. Dalam hal lisensi, telah memiliki komitmen untuk berada di bawah naungan Affero General Public License (AGPL). Faktor tersebut membuat open ERP sangat murah dan terjangkau untuk berbagai kalangan, bila dibandingkan dengan sistem ERP lainnya layaknya Oracle, SAP serta Microsoft Dynamics.

Sebenarnya sasaran dalam pembuatannya yaitu ditujukan kepada semua perusahaan yang mempunyai keinginan untuk bisa menaikkan performance di bidang manajemen. Kemudahan akan didapatkan bila menggunakannya. Seperti yang telah diketahui, bahwa tidak ada batasan kategori, jenis dan skalabilitas dari usaha yang memakainya, karena mampu untuk diaplikasikan diberbagai macam sektor, bidang ataupun skala. Pengintegrasiannya pun tergolong mudah karena dapat dilakukan ke aplikasi e – commerce open source yang terkenal. Hal tersebut bisa memberikan akses untuk konsumen atau supplier dalam melakukan dan mengatur pemesanan serta tracking kepada status order.

Setiap adanya adopsi program yang disesuaikan dengan kebutuhan baru, maka juga akan menghasilkan sebuah modul yang anyar. Penginstalannya dapat dilakukan secara optional, jadi tidak ada pemaksaan dan disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan dari pihak perusahaan. Banyak sekali modul yang telah disediakan, yaitu 350 lebih. Terdiri dari keuangan, akuntansi, manufaktur, manajemen persediaan, hubungan pelanggan, jasa manajemen, pengelolaan dokumen, pengelolaan proyek, sumber daya manusia, organisasi internal, e – commerce, point of sale, pemasaran langsung, penggajian dan lainnya. Terdapat 10 hingga 20 modul yang dibuat setiap bulannya.

Untuk penyebutannya telah berubah, saat ini disebut dengan Odoo. Fitur- fitur yang disediakan oleh open ERP adalah :

  • Enterprise Management
  • Invoicing

Dukungan yang diberikan adalah seperti biaya, pemesanan penjualan dan lainnya. Isi didalamnya memiliki sistem pricelist yang bagus  serta adanya follow up yang penting dan bermanfaat. Keunggulan dari modul tersebut adalah tidak adanya double encoding serta dilengkapi dengan pengintegrasian dengan sebuah analisis akunting yang berhubungan dengan peraihan keuntungan atau profitability.

  • Sales Management

Lebih mudah dalam hal pengelolaan dan pengklasifikasian pesanan penjualan dengan sistem yang terstruktur dengan baik. Sehingga dapat membuat order baru serta mengetahui pesanan yang telah dibuat sebelumnya. Dengan memakai modul tersebut bisa mengetahui semua informasi yang diperlukan, dapat memantau pemesanan, pengiriman dan semua kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen.

  • Logistik
  • Manufacturing

Pengontrolan untuk margins dan biaya yang dibutuhkan proyek, produk dan partner serta penggunaannya juga tidak sulit. Integrasinya dengan akunting adalah pelaksanaan transaksi otomatis yang diintegrasikan guna untuk memperoleh ketersediaan resources oleh HR management. Dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang bisa diperoleh jika menggunakan Odoo Indonesia.

Saat ini segala kemudahan juga ditunjang oleh berbagai macam aplikasi menarik. Ketika anda mengalami kerusakan atau kehilangan komputer, anda tidak perlu khawatir lagi bila memakai aplikasi publik dengan basis cloud. Pengaksesannya dapat dilakukan secara online atau menyimpannya di dalam sebuah komputer. Jadi yang diperlukan hanyalah menggunakan PC lain yang telah tersambung ke internet dan semua data dapat diambil. Selain itu fungsinya yang ringkas bisa memperingan kerja dari IT support perusahaan. Untuk aplikasi berbasis private cloud Indonesia ada W- ERP yang merupakan sistem ERP Cloud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here