Tuntaskan Proyek Dengan Modul Project Management Online

    0
    424

    Dalam menjalankan suatu proyek tentu tidak main-main dan diperlukan perencanaan yang matang. Salah satu hal yang penting untuk disiapkan adalah sebuah manajemen proyek. Definisinya adalah tata cara atau langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengelola dan mengorganisir sumber penghasilan agar dapat menuntaskan proyek dari awal hingga selesai. Jika dilihat pengertiannya berdasarkan disiplin ilmu, maka berhubungan erat dengan pengorganisasian, perencanaan dan manejemen sumber daya dan tujuannya agar pengerjaannya dapat berjalan dengan sukses dan bisa dituntaskan dengan baik tapi adanya batasan waktu dan sumber daya.

    Manajemen Proyek Manual, Software dan Web

    Sebenarnya dalam proses aplikasi manajemen proyek ada yang dilakukan manual, software dan berbasis online. Tapi terkadang cara biasa membutuhkan waktu lama dan tingkat keakuratan masih bisa diperdebatkan, berbeda bila memanfaatkan penggunaan teknologi mutakhir yang saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Sedangkan project management software berisi kumpulan dari modul meliputi manajemen budget atau biaya, pengalokasian sumber daya, penjadwalan, perangkat lunak kerjasama, sistem dokumentasi yang dipakai untuk menangani masalah proyek dan juga manajemen kualitas. Dibawah ini akan ada penjabaran mengenai tugas dasarnya, yaitu :

    • Penjadwalan

    Di poin pertama ada penjadwalan. Sudah pasti pelaksanaannya untuk mengetahui susunan kegiatan yang memiliki kompleksitas berbeda.

    • Mengetahui Critical Path

    Berdasarkan urutan aktivitas yang sebelumnya telah dibuat, maka software manajemen proyek harus bisa melakukan penghitungan critical path

    • Menghasilkan Sebuah Informasi

    Perangkat lunak yang digunakan wajib berkemampuan untuk memberitahukan sebuah informasi penting kepada seluruh orang yang terlibat di dalam proyek, misalnya adalah kepala dan pekerja. Hal itu berguna untuk mengetahui tingkatan dari keberhasilan dalam menyelesaikan proyek dan tentunya sebagai acuan penilaian dari pihak HRD.

    Penggunaan modul ini memudahkan manajer proyek untuk melakukan pemonitoran selama prosesnya berlangsung. Selain itu dapat meminimalisir resiko serta pengeluaran biaya besar. Untuk yang berbasis web terdapat fitur-fitur menarik yang dapat dinikmati oleh pengguna, yaitu :

    • Project and Task

    Gunanya adalah untuk mecari dan membuat proyek. Fasilitas yang berada didalamnya adalah search project (untuk menemukan proyek yang memiliki kriteria tertentu), search task (untuk mendapatkan task atau kegiatan yang ada di bagian workplan), project summary (ulasan singkat mengenai jalannya proyek secara keseluruhan, mulai dari rancangan hingga waktu pelaksanaannya, anggaran biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan serta daftar nama-nama pekerja yang turut serta), create project (untuk membuat proyek, isinya adalah kolom yang menyatakan informasi penting dari proyek tersebut. Terdiri dari project summary, project detail dan project reference).

    • Staffing Profiles

    Untuk mengelola karyawan yang terlibat dalam proyek, dan diolah di bagian manajemen proyek. Disini terdapat beberapa fitur untuk melakukan pemantauan terhadap pegawai, yaitu create staffing profiles (bermanfaat untuk membuat profil dengan menggunakan daftar nama yang ada di resource management), search staffing profile (mencari profil karyawan yang aktif dan tidak di dalam proyek) dan manage forecast (mengelola dan menemukan forecast yang mengalami masalah, lalu diatur agar tidak ada permasalahan lagi)

    • Project Control

    Sebagai pengontrol komponen penting yang ada. Misalnya adalah resiko, isu dan scope changes atau adanya perubahan cakupan. Semua konten tersebut ada didalam fitur ini dan akan melibatkan setiap penanggung jawab, selanjutnya dapat dibaca oleh manajer proyek, atasan dan pemangku kepentingan untuk sebuah kelangsungan proyek ke depannya. Fasilitas yang disediakan yaitu search project issues, search project risk, search scope changes, submit project issues, submit risk dan submit scope changes.

    Penggunaan manajemen proyek yang terperinci membuatnya mudah untuk dikolaborasikan dengan berbagai macam kegiatan. Ada pula komunikasi real time yang bisa diterapkan, data-data akan segera dikirim ke pusat, karena penggunaannya yang berbasis online.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here